Ads 468x60px

Selasa, 03 April 2012

USAHA ,SABAR DAN TAWAKAL

Pada tepian sebuah sungai, tampak seorang anak kecil sedang bersenang-senang. Ia bermain air yang bening di sana. Sesekali tangannya dicelupkan ke dalam sungai yang sejuk. Si anak terlihat sangat menikmati permainannya. Selain asyik bermain, si anak juga sering memerhatikan seorang paman tua yang hampir setiap hari datang ke sungai untuk memancing. Setiap kali bermain di sungai, setiap kali pula ia selalu melihat sang paman asyik mengulurkan pancingnya. Kadang, tangkapannya hanya sedikit. Tetapi, tidak jarang juga ikan yang didapat banyak jumlahnya. Suatu sore, saat sang paman bersiap-siap hendak pulang dengan ikan hasil tangkapan yang hampir memenuhi keranjangnya, si anak mencoba mendekat. Ia menyapa sang paman sambil tersenyum senang. Melihat si anak mendekatinya, sang paman menyapa duluan. "Hai Nak, kamu mau ikan? Pilih saja sesukamu dan ambillah beberapa ekor. Bawa pulang dan minta ibumu untuk memasaknya sebagai lauk makan malam nanti," kata si paman ramah. "Tidak, terima kasih Paman," jawab si anak. "Lo, paman perhatikan, kamu hampir setiap hari bermain di sini sambil melihat paman memancing. Sekarang ada ikan yang paman tawarkan kepadamu, kenapa engkau tolak?" "Saya senang memerhatikan Paman memancing, karena saya ingin bisa memancing seperti Paman. Apakah Paman mau mengajari saya bagaimana caranya memancing?" tanya si anak penuh harap. "Wah wah wah. Ternyata kamu anak yang pintar. Dengan belajar memancing engkau bisa mendapatkan ikan sebanyak yang kamu mau di sungai ini. Baiklah. Karena kamu tidak mau ikannya, paman beri kamu alat pancing ini. Besok kita mulai pelajaran memancingnya, ya?" Keesokan harinya, si bocah dengan bersemangat kembali ke tepi sungai untuk belajar memancing bersama sang paman. Mereka memasang umpan, melempar tali kail ke sungai, menunggu dengan sabar, dan hup... kail pun tenggelam ke sungai dengan umpan yang menarik ikan-ikan untuk memakannya. Sesaat, umpan terlihat bergoyang-goyang didekati kerumunan ikan. Saat itulah, ketika ada ikan yang memakan umpan, sang paman dan anak tadi segera bergegas menarik tongkat kail dengan ikan hasil tangkapan berada diujungnya. Begitu seterusnya. Setiap kali berhasil menarik ikan, mereka kemudian melemparkan kembali kail yang telah diberi umpan. Memasangnya kembali, melemparkan ke sungai, menunggu dimakan ikan, melepaskan mata kail dari mulut ikan, hingga sore hari tiba. Ketika menjelang pulang, si anak yang menikmati hari memancingnya bersama sang paman bertanya, "Paman, belajar memancing ikan hanya begini saja atau masih ada jurus yang lain?" Mendengar pertanyaan tersebut, sang paman tersenyum bijak. "Benar anakku, kegiatan memancing ya hanya begini saja. Yang perlu kamu latih adalah kesabaran dan ketekunan menjalaninya. Kemudian fokus pada tujuan dan konsentrasilah pada apa yang sedang kamu kerjakan. Belajar memancing sama dengan belajar di kehidupan ini, setiap hari mengulang hal yang sama. Tetapi tentunya yang diulang harus hal-hal yang baik. Sabar, tekun, fokus pada tujuan dan konsentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan, maka apa yang menjadi tujuanmu bisa tercapai."

Minggu, 18 Maret 2012

Kisi-Kisi B.Indonesia UN 2012 (prediksi)

Berikut adalah KISI-KISI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA 2012 yang didapatkan dari situs resmi dinas pendidikan 2012.

KOMPETENSI DASAR:
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun.

INDIKATOR :
Disajikan teks bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
• menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
• membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf
• menentukan ide pokok salah satu paragraf
• menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.
Disajikan gambar kemasan obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.
Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.
Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
Disajikan teks drama, siswa dapat:
• menentukan tokoh utama
• menentukan latar
• menentukan amanatnya.
Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:
• menentukan makna yang terkait di dalamnya
• mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
• Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.
Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya
Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.
Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:
• menentukan isinya
• memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.
Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.
Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:
• menentukan ringkasannya
• menentukan temanya
• menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:
• menentukan parafrase yang tepat
• menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.

Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
• Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.
• Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.
• Disajikan kalimat rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata gabung yang tepat.
Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.
Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan data yang disajikan.
Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
• melengkapi dengan kalimat yang tepat
• memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.

Terima kasih

Pantun IPA Energi alternative


LEMBAR KERJA PERTEMUAN KE 6

                                               


LKS Pantun bersahut tentang keuntungan dan kerugiaan energi fosil dan energi  Alternatif

Petunjuk :
1. Bacalah didalam hati pantun bersahut dibawah ini
2. Masing-masing kelompok menyiapkan 2 orang anggota kelompoknya untuk                membacakan pantun bersahut
3. Masing-masing kelompok membaca sepasang pantun bersahut yang telah ditugaskan guru.

Pantun 1
Kalau pergi keTanjung Katip
Jangan lupa membeli bunga
Angin dan Air energi alternatip
Beri contoh bentuk lainnya
                                    Mampir sebentar membeli bunga
                                    Untuk hiasan diatas meja
                                    Energi alternatif  bentuk lainnya
                                    Panas Bumi dan Matahari itu jawabannya
Pantun 2
            Pergi kepasar membeli duku
Duku dibeli dua kambu
Kalau memang membaca buku
Apa keuntungan energi alternatif yang anda tahu
                                 
keuntungan energi alternatif yang saya tahu
Bebas bahan bakar dapat diperbaharui
keuntungan energi alternatif yang ada dibuku
Menghasilkan listrik bebas polus

Pantun Ke 3
Bunga mawar dan bunga tulip
Indah dipandang elok rupanya
Di pengaruhi musim Kelemahan energi alternatip
Coba sebutkan kelemahan lainnya
                                    Kelemahannya yang pertama
                                    Perlu biaya besar untuk mendaptkannya
                                    kelemahannya yang kedua
                                    Perlu tekhnologi tinggi untuk mendapatkannya
Pantun ke 4
            Kalau anda pergi kekota
            Jangan lupa membeli pensil
            Kalau anda memang pelajar IPA
            Beri contoh energi fosil
                                                Pergi ke kota membeli pensil
                                                Memberi pensil merah warnanya
                                                Dua contoh energi Fosil
                                                Minyak bumi dan batubara
Pantun ke 5
            Pergi kesungai membawa kail
            Mendapat ikan merah warnanya
            Muda digunakan keuntungan energi fosil
            Coba jelaskan keuntungan lainnya
                                             
                                                Mendapat ikan merah warnanya
                                                Ikan digulai dengan kelapa
                                                Dua keuntungan energi fosil l,ainnya
                                                Mudah didapat dan murah harganya
Pantun ke 6
            Jika dipakai sebagai bahan bakar
            Maka lingkungan akan dicemari
            Kalau saudara memang belajar
            Eenergi fosil punya kelemahan apa lagi
                     
                                                jika terus menerus digunakan
                                                Akan habis lama-kelamaan
                                                Sisa pembakaran mengandung racun
                                                Itu kelemahan energi fosil lain
Pertanyaan Diskusi :

1.     Jelaskan pengertiaan energi alternatif
2.     Beri 5 contoh bentuk energi alternatif
3.     Jelaskan 5 keuntungan energi alternatif
4.     jelaskan 3 kelemahan energi alternatif
5.     Apa yang dimaksud dengan energi alternatif
6.     Beri 2 contoh energi fosil
7.     Jelaskan 3 keuntungan energi fosil
8.     Jelaskan 3 kerugian energi fosil
 

Sample text

Copyraigh @Kang Herman 2011.Indonesia

Sample Text

Sample Text

SEMOGA SUKSES SELALU ,RAJIN BELAJAR ,DAN BERIBADAH



 
Blogger Templates